Rancangan Undang-Undang Anti Pembajakan Online (SOPA) dan RUU Perlindungan Properti Intelektual (PIPA)  yang sempat menggemparkan dunia internet seluruh dunia dan di Aerika pada khususnya telah dicabut oleh pembuatnya, Lamar Smith.


"Saya telah mendengar kritik-kritik tersebut dan saya mendengar secara serius. Saya juga mencermati legislasi yang akan diajukan untuk mengatasi permasalahan pembajakan di internet," ucap Smith, dalam pernyataan pers, seperti dikutip dari Mashable
Memang dengan berjalannya SOPA dan PIPA pasti akan menghancurkan dunia internet. Situs-situs jejaring sosial seperti facebook, twitter dan lain-lain pasti menjadi korban. Bahkan raksasa macam Googlepun akan tutup jika aturan ini dijalankan. Selain itu, dengan tutupnya situs-situs terkemuka, hal itu juga akan menjadi masalah tersendiri bagi Amerika. Yaitu akan banyak sekali pegawai-pegawai yang kehilangan pekerjaannya. Dengan kata lain, SOPA dan PIPA merupakan pedang bermata dua bagi Amerika. Atas banyaknya protes banyak pihak, akhirnya Smith mencabut pengajuan RUU tersebut.Smith memang mencabut RUU SOPA dan PIPAnya, namun dia masih tetap berjuang untuk menemukan jalan terbaik untuk mengatasi pencurian karya cipta khususnya milik amerika. karena pencurian itu Amerika rugi $ 100 Miliar tiap tahunnya.Jadi untuk sementara memang aturan yang akan membunuh internet masih belum ada, tapi dalam beberapa waktu kedepan pasti akan ada peraturan yang mirip dengan SOPA dan PIPA, tapi lebih bisa diterima.

Sumber:
1. http://www.ibtimes.com/articles/285282/20120120/sopa-dead-lamar-smith-withdrawn-bill-house.htm 
2. http://www.huffingtonpost.com/2012/01/20/sopa-withdrawn-lamar-smith_n_1219250.html
3. http://teknologi.vivanews.com/news/read/281843-menuai-kritik--ruu-sopa-ditarik 
4. http://mashable.com/2012/01/20/sopa-is-dead-smith-pulls-bill/ 
 


Comments




Leave a Reply