RUU SOPA (Stop Online Piracy Act) dan PIPA (Protect IP Act) yang diperkenalkan oleh Lamar Smith pada Oktober 2011 lalu memang telah dicabut oleh  si penggagas aturan tersebut. Namun sejak munculnya wacana tentang aturan-aturan sensor dan perlindungan hak cipta diinternet, sepertinya banyak pihak memulai memasifkan kegiatan sensor di internet.

Hal itu menyebabkan tidak menutupnya kemungkinan akan muncul sistem sensor dan perlindungan hak cipta di internet dalam waktu dekat ini. Dengan kata lain akan ada aturan yang 
mirip dengan SOPA dan PIPA namun lebih rasional.


Dan dalam waktu dekat ini telah ada lembaga yang memasifkan aksinya dalam melindungi hak cipta di internet, lembaga itu adalah IFPI (International Federation of the Phonographic Industry).
Berikut adalah info yang saya ambil dari web resminya www.ifpi.org.
IFPI merupakan sebuah organisasi yang mewakili 1400 industri rekaman  anggotanya  di 66 negara dan industri afiliasi di 46 negara.
IFPI bukanlah lembaga dengan profit oriented (mengedepankan keuntungan). Lembaga ini telah diresmikan di Swiss dan memiliki sekretariat pusat di London dan memiliki kantor cabang di Brussels, Hong Kong dan Miami.

Misi IFPI adalah:
1. Mempromosikan nilai jual dari rekaman musik
2. Menjaga Hak-hak produser rekaman
3. Ekspansi komersialisasi rekaman musik

Sebenarnya, IFPI sendiri terbentuk pada tahun 1997 dimana telah mulai banyak terjadi pembajakan CD secara global diseluruh dunia. Namun entah kenapa sejak ada wacana SOPA dan PIPA, lembaga ini seakan melebarkan sayapnya. Hal itu terbukti adanya klaim di situs-situs storage (peyimpanan file) gratisan yag ada di internet.

Beberapa hari yang lalu, teman saya mencoba mendownload sebuah lagu lewat sebuah situs dan yang terjadi adalah seperti gambar disamping.
(Tulisannya adalah  file ini tidak lagi tersedia karena adanya klaim dari IFPI )

Padahal, pada sebelum hotnya isu SOPA dan PIPA,belum pernah ditemukan lagu-lagu yang diklaim oleh IFPI. Dan jujur saya sendiri baru kali ini melihatnya. Nah, apakah akan ada yang segera menyusul nasib dari Megaupload yang dituntut telah melakukan pelanggaran hak cipta?

Kita tunggu saja kelanjutannya. 
Picture










































 


Comments

12/20/2012 7:06am

sama mas, sy br upload lagu di 4shared eh sore td dpt email klo lagu itu di komplain "file ini tidak lagi tersedia karena ada yang klaim dari IFPI IFPI"

Reply



Leave a Reply