Sekarang ini, siapa yang tidak mengenal internet. Dan saya yakin, anda yang membaca tulisan saya ini hampir pasti memiliki akun jejaring sosial macam facebook, twitter, bahkan blog seperti blogger (blogspot), tumblr, wordpress atau weebly yang saya gunakan ini atau seminimal-minimalnya anda memiliki email.

Dan yang umum dari akun-akun diinternet adalah username dan password. mungkin untuk username tidak begitu penting, karena itu hanya sebagai identitas unik kita yang membedakannya dengan orang lain. Namun yang paling sakral adalah password. Walaupun keduanya biasanya menjadi satu kesatuan paket yang tak terpisahkan.

Berikut adalah trik untuk membuat password yang gampang diingat namun aman:
  • *Usahakan password merupakan kombinasi huruf dan angka untuk tingkat Keamanan yang tinggi. JANGAN SEKALI-KALI menggunakan password adalah TANGGAL LAHIR atau NO.HANDPHONE anda, karena rawan ditebak. Untuk mempermudah mengingat, gunakan angka favorit anda ataupun angka yang biasa digunakan dalam bahasa alay yang biasanya bisa dibaca. Misalnya anda ingin password "akuganteng" bisa di modifikasi seperti ini "4ku94nt3n9". Jika anda ingin tingkat keamanan yang lebih sulit lagi, gunakan juga kombinasi huruf kecil dan besar, namun saya tidak menyarankan ini, karena akan rawan lupa.
  • Usahakan jangan pernah password disimpan didalam gadget, misal handphone, tab, laptop dll, juga jangan ditulis, kecuali anda bisa memastikan tulisan anda benar-benar anda simpan ditempat yang aman. 
  • Usahakan password setiap akun sama supaya mudah diingat, kalaupun beda, bedanya tipis saja. Contoh di gmail --> 4ku94nt3n91 , sedangkan di yahoo -->  4ku94nt3n92

Kemudian dalam mengakses akun anda, entah facebook, twitter, email atau apapun saran saya jangan pernah mencentang "ingat saya" atau "remember me" atau semacamnya. Karena, jika anda lakukan, ketika anda lupa me-log out atau sign out akun anda akan masih terbuka lebar dan siap untuk dijarah.

Dan tentu saja, setelah menggunakan akun anda, jangan lupa di  log out atau sign out. Jika perlu hapus cookies anda yang tertinggal di sistem.


Semoga bermanfaat ^^ 
 


Comments




Leave a Reply