Hari ini, tepat tanggal 21 Maret 2012 seperti biasanya, ane musti kuliah. Anehnya, gak biasanya ane bangun kesiangan, padahal jadwalnya ngerjain penelitian juga jam 6 pagi, tapi kesiangan, ya mau gimana lagi. Akhirnya minta maaf pada temen sekelompokku karna gak bisa ikut bantu pagi itu.

Jam 07.10 ane nyampek kelas. Walaupun telat dari jadwal kuliah, untung dosen belum nongol. :p

Kuliah pertama terlewati, ada waktu kosong satu jam ane pergi ngurusin laporan modul sambil smsan sama temen ngomongin masalah organisasi yang masih anget-angetnya akhir-akhir ini. Belum sempet telpon udah masuk dosen yang kedua, seperti biasanya kuliahnya juga sama rumitnya karena 2 kali kuliah temanya bedah semua. Hehe..

Habis kuliah kedua ada waktu sebentar, sambil nunggu dosen Public Health (PH), ane pergi keluar buat ngomong masalah organisasi tadi. Baru ngomong bentar dapet sms dosen udah datang. Ya diputuslah sambungan telpon trus ane balik ke kelas. Kuliah ketiga ini ane cukup nyambung, karena kuliah PH. Dan dalam kuliah ini pas ada pembahasan health promotion.Kita diingetin kalau jaman semester 1 dulu kita membuat proyek health promotion, sekarang kita diajari buat mengevaluasi. Untung ane ikut organisasi, jadi ilmunya bisa diserap cukup lumayan karena ane bisa mengimplikasikan langsung sama masalah nyata yang ane hadapin. Ini masuk pelajaran gan,“bahwa belajar sesuatu itu akan lebih mengena dikala kita menghubungkan dengan kejadian nyata, apalagi yang kita lihat, alami atau rasakan sendiri.” Dengan kata lain, kayaknya sistem pendidikan musti diperbaiki, menurut ane ini gan. Hehe..

Disini dosen ane cukup unik gan, beliau membawa sample makanan ringan yang biasa kita konsumsi, berhubung ini pas mbahas tentang makanan yang sehat juga. Ane baru tahu gan kalau makanan “4 sehat 5 sempurna” itu udah gak berlaku gan, kalau agan belum tahu, ya ini ane kasih tau. Sekarang yang berlaku itu “tumpeng gizi seimbang” gan. Kenapa diganti? Alasannya adalah 4 sehat 5 sempurna mengajari variasi makanan, tapi tidak mengajari porsi makanan yang bener. Padahal makanan yang kita konsumsi musti tepat porsi gan supaya input energi dan outputnya seimbang, so musti dibarengi aktifitas fisik juga gan, jadi gak menimbulkan banyak penyakit, terutama yang masalah makan berlebih itu Diabetes Mellitus (DM/Kencing manis) gan. Ngeri gan kalau udah kena DM ini gan, DM = sarang penyakit gan, jantung, ginjal, stroke dll. Dosen ane bilang gitu gan, dan kalau guru-guru SD masih memberikan pelajaran 4 sehat 5 sempurna,kita yang mendengar wajib ngingetin dan mbenerin gan,oke? Kembali ke makanan ringan gan, ada 3 makanan yang dibawanya 1 wafer seharga seribuan, makanan ringan seharga 4 ribuan sama mie instan. Dan yang membuat kita semua kaget waktu itu adalah hitung-hitungan dari sumber ilmu yang ada, dari wafer seharga seribu rupiah, kita harus berjalan selama 30 menit untuk menghabiskan energi yang dihasilkannya jika kita mengkonsumsinya atau 10 menit kalau kita jogging. Makanan seharga 4 ribuan memerlukan waktu 1 jam an, sedangkan mie instan membutuhkan waktu 3-4 jam, ane agak lupa juga gan. Pokoknya ngeri gan dengernya, hanya karena makanan kayak gitu tanpa sadar kalau gak diimbangi aktifitas fisik yang cukup resiko kita terkena DM sangat besar gan.

Huh, cukup dulu cerita tentang kuliah hari ini gan, itung-itung habis baca post ane bisa nambah ilmu pengetahuan gan. Hehe..
Lanjut habis kuliah ane telpon mbahas kejadian yang lagi anget-angetnya di kampus ane gan. Sampai lumayan lama puas diskusi, trus ane kuliah lagi. Ya gak lupa menghadap yang kuasa gan, masak hidup didunia trus lupa urusan dan kewajiban akhirat, yang ini boleh ditiru gan (maaf, bukan maksud sombong gan, cuma saling mengingatkan, kan kita sebagai manusia punya kewajiban saling mengingatkan gan, hehe..). Lanjut gan, abis kuliah ngerjain penelitian gan, bertanggungjawab dateng duluan karena mau menebus dosa tadi pagi yang gak bisa dateng, hehe. Trus ada acara sama temen-temen seperjuangan sedarah dan setanah air (lebay :p). Yah sharing-sharing masalah gitu gan dan ndengerin wejangan-wejangan. Sepanjang acara seperti biasa ane suka ngamatin wajah orang gan, ada yang bosen, ada yang galau, pokoknya ada aja gan, hehe. Acara ditutup sama perayaan ulang taun temen ane gan.

Abis acara dimintai tolong sama kakak kelas ane untuk bantu nyari bahan materi buat acara hari sabtu besok. Ya sudah gan, berhubung ane juga pengen nambah ilmu, ane mau bantu gan, hehe. Lanjut ane kembali ke basecamp, disitu udah ada beberapa temen ane yang tadi ikut acara dan ada temen yang lain juga. Baru dateng aneditanyai cara design, eh ternyata dia mau buat surprise buat temennya. Ya udah gan, ane bantuin dikit, dikit banget wes :p.

Nah disitu maag ane kumat gan, padahal ane punya janji ditempat lain gan, tapi ya mau gimana lagi, terpaksa gak bisa dateng. Setelah istirahat bentar dan ngadep yag Kuasa, ane nyetak design temen ane sekaligus cari makanan buat ngisi perut ane yang udah cenat-cenut gan (kayak kebal, lagu siapa ya :p). Disitu temen ane juga nitip gan, jadinya butuh 4 bungkus makanan. Abis nyetak, kok ya apes, makanan di warung prasmanan yang ane tuju udah kayak habis diserbu orang yang udah 3 hari gak makan, sayur tinggal kuahnya, lauk goreng-gorang tinggal  yang mini-mini, ya udah deh, daripada perut tambah cenat-cenut, jadinya pesen  bungkus. Apesnya lagi, udah dibungkusin 1bungkus, baru tau nasinya tinggal dikit dan cukup cuma 1 bungkus lagi, persediaan warungnya juga abis, asem dah. Akhirnya ane cari 2 bungkus lainnya di warung sebelahnya, untung deket situ ada warung lalapan, ya udah embat 2 porsi. Setelah balik, ke basecamp, ternyata udah malem, akhirnya gak jadi makan, tapi pada buyar pulang. Ya udah gan, ane juga pulang sambil nganterin temen ane kekostannya gan. Intermezzo gan, hari ini pas STNK ane ilang gan, maksudnya ketauan kalau gak ada, entah ilang atau ketinggalan ane juga gak tau gan, jadi sebelum keluar kampus ane musti ngurus ijin keluar dulu gan.

Diperjalanan awal dari kostan temen ane suasana biasa aja, tiba-tiba suasana makin mencekam di gelapnya malam kala itu, karena waktu itu malam hari setelah turun hujan, dan rintiknya masih ada walaupun satu dua tetes. Dan yang paling mencekam adalah, lampu sepanjang perjalanan ane mati semua (lebay, itu sih namanya pas pemadaman bergilir :p). Ya sudah, mau gimana lagi, udah sepi, gelap, lanjutin aja perjalanan sambil mikir, “kayaknya di kontrakan listriknya mati juga, karna dalam beberapa kejadian eamang kayak gitu, kalau didaerah itu mati, dikontakan ane juga pasti mati. Karena listrik mati, otomatis ane gak bisa belajar, ya udah tak putuskan nyampek kontrakan langsung molor”. Ya sudah, terwujudlah nyampek kontrakan langsung molor, wong temen ane juga udah pada molor.

Nah disini hal yang seru dan gokil dimulai gan.



























Ini tumpeng gizi seimbang gan
Ini Healthy Platenya hasil penelitian di Harvard University gan