5 Stars doctor adalah tagline WHO dalam membranding dokter, dokter sebagai care provider, communicator, manager, community leader dan decision maker. Bahkan WHO menyebutkan idealismenya bahwa sehat merupakan keadaan dimana seseorang tidak memiliki masalah dalam fisik, mental dan sosialnya, bukan hanya tidak adanya penyakit ataupun kelemahan saja (Health is a state of complete physical, mental and social well-being and not merely the absence of disease or infirmity).

Dan sekarang ini didunia kesehatan sedang panas-panasnya Health team. Dimana tenaga kesehatan yang ada didunia seharusnya bekerja sinergis menjadi satu-kesatuan, bukan bekerja overlapping sehingga mengakibatkan adanya kesenjangan diantara tenaga kesehatan itu sendiri seperti kasta bahwa dokter merupakan kasta tertinggi, padahal farmasis, ahli gizi, perawat, dokter gigi, bidan dan ahli kesehatan masyarakat seharusnya memiliki peran yang sama penting dalam mengatasi masalah kesehatan yang ada didunia. Lalu siapa lagi yang mampu mewujudkan health team itu jika bukan 5 stars doctor, bahkan baru-baru ini muncul istilah 7 stars doctor yaitu 5 stars doctor ditambah 2 poin yaitu researcher dan religius, tak ada yang salah dengan hal itu. Dan jelas semua itu merupakan semua pekerjaan seorang leader atau pemimpin, utamanya 7 stars doctor.

Dan untuk memenuhi ke 3 aspek sehat dari WHO bukan hanya dokter saja yang bisa menyelesaikan, tapi juga lingkungan keluarga, tempat tinggal, pergaulan, pendidikan dan banyak lagi yang lainnya. Sehingga health team yang sesungguhnya bukan hanya dokter saja, bukan hanya berkolaborasi dengan perawat, farmasis, ahli gizi, dokter gigi, ahli gizi dan ahli kesehatan masyarakat saja, tapi health team yang sebenarnya adalah bagaimana kita bisa menumbuhkan jiwa tenaga kesehatan di masing-masing individu, terutama adalah individu yang mampu kita jangkau. Karena orang akan mencari jika mereka membutuhkan, oleh karena itu, bagaimana kita bisa menanamkan bahwa kesehatan itu adalah kebutuhan dari masing-masing individu, dan untuk memenuhi kebutuhan itu bukanlah hal yang simpel, tapi merupakan hal kompleks yang membutuhkan kesinergisan antara masyarakat yang memiliki jiwa tenaga kesehatan dan tenaga kesehatan itu sendiri. 

Tidak bisa dipungkiri memang pekerjaan ini berat, butuh perjuangan dan pengorbanan besar. Dan tidak banyak masyarakat yang memiliki pandangan yang sama tentang kesehatan. Bahkan tenaga kesehatan yang notabene tahu tentang kesehatan saja masih sangat sulit untuk ditanamkan idealisme sehat menurut WHO, apalagi yang belum tahu. Tapi semuanya tidak ada yang tidak mungkin jika Tuhan sudah menghendaki. Ya inilah idealisme sebagai mahasiswa kesehatan, banyak guru yang menyatakan idealisme mahasiswa merupakan cita-cita dimasa muda, setelah menjadi dokter dan diterpa banyak hal, idealisme itu lama-kelamaan akan luntur dengan sendirinya. Tapi lebih baik memiliki mimpi daripada takut untuk bermimpi, karena manusia tanpa mimpi bagaikan burung tanpa sayap. 

Bagaimana nasib kesehatan dunia nanti?
Bagaimana nasib tenaga kesehatan nanti? 
Allahu A'lam
4/12/2015 23:18:57

Saya suka dengan artikel kesehatan diatas, informasinya memang simple tapi sangat membantu saya dalam mencari informasi, thanks sob telah meluangkan waktunya untuk berbagi ^^

Reply
10/13/2015 04:32:59

makasih gan infonya, semoga saja info ini bisa bermanpaat bagi yang membacanya.

Reply
11/15/2015 22:42:16

makasih atas infonya, info ini sangat bermanpaat bagi saya.

Reply
11/16/2015 22:12:34

artikelnya sangat berkesan dan bermanpaat semoga saja banyak orang yang membaca artikel ini.

Reply

wah mantaf sekali infonya, terimakasih ya gan semoga saja tambah sukses dan sehat selalu!.

Reply

mantaf sekali artikelnya, artikel ini sangat berkesan bagi saya dan sangat bermanpaat, terimakasih atas artikelnya.

Reply

This article is very memorable one for me and very useful, I hope a lot of people who read this memorable aeritek, thanks yak gan article.

Reply

terimakasih atas infonya, info ini sangat menarik dan berkesan, semoga saja banyak orang yang menemukan dan membaca artikel ini.

Reply

makasih atas artikelnya, saya sangat berkesan pada artikel ini. sekali lagi terimakasih gan.

Reply
12/8/2015 22:42:11

makasih atas infonya, infonya menarik sekali dan banyak maknanya. semoga saja artikel ini bisa bermanpaat bagi semua orang yang membacanya. terimaksih gan.

Reply
12/18/2015 01:16:55

makasih atas informasinya, saya sangat menyukai artikelnya.

Reply

makasih atas beritanya, beritanya menarik sekali.

Reply



Leave a Reply.