Hari ini, tepat tanggal 21 Maret 2012 seperti biasanya, ane musti kuliah. Anehnya, gak biasanya ane bangun kesiangan, padahal jadwalnya ngerjain penelitian juga jam 6 pagi, tapi kesiangan, ya mau gimana lagi. Akhirnya minta maaf pada temen sekelompokku karna gak bisa ikut bantu pagi itu.

Jam 07.10 ane nyampek kelas. Walaupun telat dari jadwal kuliah, untung dosen belum nongol. :p

Kuliah pertama terlewati, ada waktu kosong satu jam ane pergi ngurusin laporan modul sambil smsan sama temen ngomongin masalah organisasi yang masih anget-angetnya akhir-akhir ini. Belum sempet telpon udah masuk dosen yang kedua, seperti biasanya kuliahnya juga sama rumitnya karena 2 kali kuliah temanya bedah semua. Hehe..

Habis kuliah kedua ada waktu sebentar, sambil nunggu dosen Public Health (PH), ane pergi keluar buat ngomong masalah organisasi tadi. Baru ngomong bentar dapet sms dosen udah datang. Ya diputuslah sambungan telpon trus ane balik ke kelas. Kuliah ketiga ini ane cukup nyambung, karena kuliah PH. Dan dalam kuliah ini pas ada pembahasan health promotion.Kita diingetin kalau jaman semester 1 dulu kita membuat proyek health promotion, sekarang kita diajari buat mengevaluasi. Untung ane ikut organisasi, jadi ilmunya bisa diserap cukup lumayan karena ane bisa mengimplikasikan langsung sama masalah nyata yang ane hadapin. Ini masuk pelajaran gan,“bahwa belajar sesuatu itu akan lebih mengena dikala kita menghubungkan dengan kejadian nyata, apalagi yang kita lihat, alami atau rasakan sendiri.” Dengan kata lain, kayaknya sistem pendidikan musti diperbaiki, menurut ane ini gan. Hehe..

Disini dosen ane cukup unik gan, beliau membawa sample makanan ringan yang biasa kita konsumsi, berhubung ini pas mbahas tentang makanan yang sehat juga. Ane baru tahu gan kalau makanan “4 sehat 5 sempurna” itu udah gak berlaku gan, kalau agan belum tahu, ya ini ane kasih tau. Sekarang yang berlaku itu “tumpeng gizi seimbang” gan. Kenapa diganti? Alasannya adalah 4 sehat 5 sempurna mengajari variasi makanan, tapi tidak mengajari porsi makanan yang bener. Padahal makanan yang kita konsumsi musti tepat porsi gan supaya input energi dan outputnya seimbang, so musti dibarengi aktifitas fisik juga gan, jadi gak menimbulkan banyak penyakit, terutama yang masalah makan berlebih itu Diabetes Mellitus (DM/Kencing manis) gan. Ngeri gan kalau udah kena DM ini gan, DM = sarang penyakit gan, jantung, ginjal, stroke dll. Dosen ane bilang gitu gan, dan kalau guru-guru SD masih memberikan pelajaran 4 sehat 5 sempurna,kita yang mendengar wajib ngingetin dan mbenerin gan,oke? Kembali ke makanan ringan gan, ada 3 makanan yang dibawanya 1 wafer seharga seribuan, makanan ringan seharga 4 ribuan sama mie instan. Dan yang membuat kita semua kaget waktu itu adalah hitung-hitungan dari sumber ilmu yang ada, dari wafer seharga seribu rupiah, kita harus berjalan selama 30 menit untuk menghabiskan energi yang dihasilkannya jika kita mengkonsumsinya atau 10 menit kalau kita jogging. Makanan seharga 4 ribuan memerlukan waktu 1 jam an, sedangkan mie instan membutuhkan waktu 3-4 jam, ane agak lupa juga gan. Pokoknya ngeri gan dengernya, hanya karena makanan kayak gitu tanpa sadar kalau gak diimbangi aktifitas fisik yang cukup resiko kita terkena DM sangat besar gan.

Huh, cukup dulu cerita tentang kuliah hari ini gan, itung-itung habis baca post ane bisa nambah ilmu pengetahuan gan. Hehe..
Lanjut habis kuliah ane telpon mbahas kejadian yang lagi anget-angetnya di kampus ane gan. Sampai lumayan lama puas diskusi, trus ane kuliah lagi. Ya gak lupa menghadap yang kuasa gan, masak hidup didunia trus lupa urusan dan kewajiban akhirat, yang ini boleh ditiru gan (maaf, bukan maksud sombong gan, cuma saling mengingatkan, kan kita sebagai manusia punya kewajiban saling mengingatkan gan, hehe..). Lanjut gan, abis kuliah ngerjain penelitian gan, bertanggungjawab dateng duluan karena mau menebus dosa tadi pagi yang gak bisa dateng, hehe. Trus ada acara sama temen-temen seperjuangan sedarah dan setanah air (lebay :p). Yah sharing-sharing masalah gitu gan dan ndengerin wejangan-wejangan. Sepanjang acara seperti biasa ane suka ngamatin wajah orang gan, ada yang bosen, ada yang galau, pokoknya ada aja gan, hehe. Acara ditutup sama perayaan ulang taun temen ane gan.

Abis acara dimintai tolong sama kakak kelas ane untuk bantu nyari bahan materi buat acara hari sabtu besok. Ya sudah gan, berhubung ane juga pengen nambah ilmu, ane mau bantu gan, hehe. Lanjut ane kembali ke basecamp, disitu udah ada beberapa temen ane yang tadi ikut acara dan ada temen yang lain juga. Baru dateng aneditanyai cara design, eh ternyata dia mau buat surprise buat temennya. Ya udah gan, ane bantuin dikit, dikit banget wes :p.

Nah disitu maag ane kumat gan, padahal ane punya janji ditempat lain gan, tapi ya mau gimana lagi, terpaksa gak bisa dateng. Setelah istirahat bentar dan ngadep yag Kuasa, ane nyetak design temen ane sekaligus cari makanan buat ngisi perut ane yang udah cenat-cenut gan (kayak kebal, lagu siapa ya :p). Disitu temen ane juga nitip gan, jadinya butuh 4 bungkus makanan. Abis nyetak, kok ya apes, makanan di warung prasmanan yang ane tuju udah kayak habis diserbu orang yang udah 3 hari gak makan, sayur tinggal kuahnya, lauk goreng-gorang tinggal  yang mini-mini, ya udah deh, daripada perut tambah cenat-cenut, jadinya pesen  bungkus. Apesnya lagi, udah dibungkusin 1bungkus, baru tau nasinya tinggal dikit dan cukup cuma 1 bungkus lagi, persediaan warungnya juga abis, asem dah. Akhirnya ane cari 2 bungkus lainnya di warung sebelahnya, untung deket situ ada warung lalapan, ya udah embat 2 porsi. Setelah balik, ke basecamp, ternyata udah malem, akhirnya gak jadi makan, tapi pada buyar pulang. Ya udah gan, ane juga pulang sambil nganterin temen ane kekostannya gan. Intermezzo gan, hari ini pas STNK ane ilang gan, maksudnya ketauan kalau gak ada, entah ilang atau ketinggalan ane juga gak tau gan, jadi sebelum keluar kampus ane musti ngurus ijin keluar dulu gan.

Diperjalanan awal dari kostan temen ane suasana biasa aja, tiba-tiba suasana makin mencekam di gelapnya malam kala itu, karena waktu itu malam hari setelah turun hujan, dan rintiknya masih ada walaupun satu dua tetes. Dan yang paling mencekam adalah, lampu sepanjang perjalanan ane mati semua (lebay, itu sih namanya pas pemadaman bergilir :p). Ya sudah, mau gimana lagi, udah sepi, gelap, lanjutin aja perjalanan sambil mikir, “kayaknya di kontrakan listriknya mati juga, karna dalam beberapa kejadian eamang kayak gitu, kalau didaerah itu mati, dikontakan ane juga pasti mati. Karena listrik mati, otomatis ane gak bisa belajar, ya udah tak putuskan nyampek kontrakan langsung molor”. Ya sudah, terwujudlah nyampek kontrakan langsung molor, wong temen ane juga udah pada molor.

Nah disini hal yang seru dan gokil dimulai gan.



























Ini tumpeng gizi seimbang gan
Ini Healthy Platenya hasil penelitian di Harvard University gan
Ane emang sempet ngeliat kekamar temen ane, dikamarnya sendirilah yang terang karena dia nyalain lilin gan. Waktu ane ngeliat, ternyata dia lagi mainin hape gan, ane juga gak tau yang dia mainin apa. Yang ada dipikiran ane, ane mau nyari STNK ane, tapi gak ketemu, ya udah, ane sms mas ane buat tanya kalau ngurus STNK yang ilang gimana caranya, eh dia malah telpon. Ya udah terjadilah obrolan yang singkat, padat dan jelas (kayak pidato aja :p) anatar kita. Abis itu ya udah, ane molor gan. Sebelum molor, ane gak kepikiran apapun tentang sesuatu yang telah kualami hari ini, gak kayak biasanya yang selalu ngereview kejadian hari itu dan introspeksi diri, jujur ane capek banget hari itu gan.

“Krosak-krosak”

Obrolan aslinya dalam bahasa jawa..

X: “Eh, ayo cepet cari air”

Y: “Eh, meletus, gimana ini? Meletus?”

“grudug, dug, dug, dug”

Ane denger suara orang jalan cepet diluar, sambil rame gak karuan.

Ane ngeliat jam di hape, keliat pukul 23.37. Akhirnya ane bangun gan. Dari pintu ane ngeliat ke kamar temen ane yang terang warna orange. Tapi aneh gan, temen ane keluar masuk kamar itu. Tak deketin ke pinu kamarnya, ane ngeliat TVnya kebakar gan. Baru ane sadar kenapa 2 temen ane yang lain kok bingung nyari air, ternyata buat nyiram apinya. Sekitar semenit sambil mata yang gak melek secara penuh ane ngeliat 2 temen ane nyiram air ke TV yang kebakar itu trus lari ke belakang buat ambil air lagi. Nah temen ane yang punya kamar sekaligus yang TVnya kebakar malah berdiri gak jelas di depan kamarnya. Jujur ane sadar apa yang terjadi saat itu, dan ane juga sadar darimana penyebabnya yatu dari lilin yang dia nyalain dikamarnya,diletakkan diatas alas plastik dan yang paling parah,wadah pastik yang berlilin itu ditaruh diatas TV. Karena ane tahu sebabnya kecerobohan temen ane, jadi ane tenang aja waktu itu. Tapi ane juga bingung, kok ane nyantai banget ya, gak kayak temen ane yang lain? Dan keadaan waktu itu listrik juga belum nyala, jadi ya gelap gan, yang keliatan cuma kamar yang TVnya berapi itu gan. Karena ane pengen tau lebih detail, akhirnya ane nginceng (ngintip)  ke kamarnya gan, dan bener gan, apinya membakar TV gan.

Karna baru bangun, mata ane masih 10 watt gan, ane jalan ke blakang mau bantuin 2 temen ane ngambil air buat nyiram tuh TV,

jedug” 

Ane        : “Aduh!!” (ternyata ane nabrak temen ane yang bawa air)

2 orang temen ane yang bawa air nglewatin ane, trus ane gak jadi ambil air karna perkiraan ane airnya udah cukup buat matiin tuh api, trus ane ngeliat temen ane nyiram TVnya. Mereka nyiramnya agak jauh karna katanya abis meletus sebelumnya. Nah, sesuai perkiraan ane, apinya mati. Ya udah karna masih ngantuk, ane duduk ditempat tidur, trus balik ngleyeh (rebahan) buat tidur. Padahal diluar kamar ane, temen-temen ane masih rame mbahas masalah kenapa bisa terjadi kayak gitu dan bla bla bla..

Setelah itu, ane udah melayang entah kemana.

Paginya, ane bangun dan tanya sama temen-temen ane. 

Ane        : “Eh, gimana tadi malem kok bisa kayak gitu?”

Sonde      : “Aku juga gak tau, tanya si Ganang tuh! Kamu bangun trus tabrakan sama kang dicko, cuma nyumbang ‘aduh’ trus balik tidur”

Ane        : “Haha.. Lha waktu aku mau ambil air tabrakan sama mas dicko, trus tak liat kalian udah sama - sama bawa air, tak pikir-pikir itu udah cukup, dan bener kan cukup.. Hehe..”

Dicko      : “Haha.. Iyo, kamu cuma bangun bentar trus tabrakan sama aku, ‘aduh’ gitu thok trus tidur lagi. Kamu gak ngerti mulai awal sih. Si sonde lha kok nglawak.. Haha..” (tertawa lepas)

Ane        : “Sonde kenapa emangnya?” (Sambil ganang nylonong masuk)

Ganang : “Haha.. Sonde koplak tadi malam”

Sonde      : “Daripada kamu, teriak-teriak thok tapi gak ngapa-ngapain habis itu”

Ane        : “Ada apa se, aku penasaran!”

Dicko      : 

“Haha.. Jadi malem itu ganang gedor-gedor pintuku sama pintu kamarmu sambil teriak-teriak ‘Mas dicko, net, sonde tolong, tolong.’ Tak pikir ada apa, gempa bumi atau apa, jadi aku gak langsung bangun. Tapi tak rasa-rasain kok nggak ada apa-apa. Ya udah aku langsung bangun dan aku melihat TVnya ganang terbakar.

Dan tahukah yang kulihat selanjutnya setelah itu, sonde mengambil air dengan gelas minum dari dispenser. Dan waktu itu aku juga masih belum sadar benar karna baru bangun, waktu aku tanya sonde buat apa air itu, dengan polosnya dia menjawab ‘ya untuk nyiram apinya’, dan bodohnya lagi, aku mengamini dan melakukan hal yang sama, tapi aku memakai cara yang berbeda yaitu pakai gayung biar isi airnya lebih banyak, dan aku ngantri dibelakang sonde yang sedang ngambil air dari dispenser. Dan setelah menunggu agak lama baru aku sadar betapa bodohnya aku ngantri dibelakangnya, padahal aku bisa ngambil air dari kamar mandi.. Asyeemm”

Haha,, akhirnya obrolan itu berakhir dengan sakitnya perutku karena melihat kepolosan teman-temanku saat itu, dan termasuk aku juga. Tapi alhamdulillah yang terbakar hanya TV, untung tidak sampai rumahnya. Bisa kacau kalau rumahnya juga. :D

Nah, pesen buat agan-agan nih, ati-ati ya kalo nyalain lilin. Meski barangnya kecil tapi masalah yang ditimbulkan gak sekecil keliatannya gan.
Ini korbannya gan, jadi gak bisa liat Liga Champions kagi gan :'(
Ini TKPnya pasca kejadian gan
#asyeemm tahbah narsis
Status temen ane pasca kejadian gan :D
Kok malah ada yang nganggep serangan TOMCAT
Hadeeeh, payah!
4/12/2015 08:19:07 pm

Saya suka dengan artikel kesehatan diatas, informasinya memang simple tapi sangat membantu saya dalam mencari informasi, thanks sob telah meluangkan waktunya untuk berbagi ^^

Reply
10/13/2015 01:33:10 am

makasih gan infonya, semoga saja info ini bisa bermanpaat bagi yang membacanya.

Reply
11/15/2015 07:42:47 pm

makasih atas infonya, info ini sangat bermanpaat bagi saya.

Reply
11/16/2015 07:12:42 pm

artikelnya sangat berkesan dan bermanpaat semoga saja banyak orang yang membaca artikel ini.

Reply

wah mantaf sekali infonya, terimakasih ya gan semoga saja tambah sukses dan sehat selalu!.

Reply

mantaf sekali artikelnya, artikel ini sangat berkesan bagi saya dan sangat bermanpaat, terimakasih atas artikelnya.

Reply

This article is very memorable one for me and very useful, I hope a lot of people who read this memorable aeritek, thanks yak gan article.

Reply

terimakasih atas infonya, info ini sangat menarik dan berkesan, semoga saja banyak orang yang menemukan dan membaca artikel ini.

Reply

makasih atas artikelnya, saya sangat berkesan pada artikel ini. sekali lagi terimakasih gan.

Reply
12/8/2015 07:42:39 pm

makasih atas infonya, infonya menarik sekali dan banyak maknanya. semoga saja artikel ini bisa bermanpaat bagi semua orang yang membacanya. terimaksih gan.

Reply
12/17/2015 10:11:53 pm

makasih atas informasinya, saya sangat menyukai artikelnya.

Reply

makasih atas beritanya, beritanya menarik sekali.

Reply
2/29/2016 07:36:37 pm

terimakasih banyak sharing nya gan .

Reply



Leave a Reply.